TIPS MENGGUNAKAN TAGAR DI FACEBOOK
Setelah mengetahui beberapa fungsinya, kamu mungkin tertarik untuk menggunakannya dalam setiap unggahan konten di media sosial.
Namun, kamu perlu menerapkan beberapa tips berikut agar lebih maksimal:
1. Gunakan Tagar yang Sesuai dengan Brand
Sebelum menggunakan tagar, kamu perlu memilih tagar yang relevan dengan brand. Jadi, pastikan tagar yang kamu gunakan lebih spesifik daripada tagar yang sedang populer.
Karenanya, jangan asal dalam memilih tagar, ya. Meski tidak ada larangan untuk menggunakan tagar populer, sebaiknya tetap sesuaikan dengan brand.
Dengan begitu, kamu akan lebih mudah terhubung dengan target audiens. Tagar yang sesuai dengan brand juga bisa menciptakan identitas merek dan meningkatkan brand awareness.
2. Jangan Menggunakan Tagar Terlalu Banyak
Kamu mungkin berpikir bahwa semakin banyak tagar yang digunakan pada unggahan akan memberikan engagement yang besar pula. Padahal, pemikiran tersebut salah besar, lho.
Menggunakan tagar yang terlalu berlebihan juga bisa mendeteksi unggahan kamu sebagai spamming. Selain itu, tagar yang terlalu banyak dan tidak sesuai dengan unggahan atau brand kamu justru bisa menurunkan kepercayaan audiens.
Jadi, mereka kurang tertarik untuk melakukan interaksi atau mengikuti akun media sosial bisnismu.
Banyak peneliti mengatakan bahwa engagement maksimum terjadi hanya dengan satu tagar saja. Maka, jangan gunakan tagar terlalu banyak, ya!
3. Analisis Tagar Mana yang Paling Berhasil
Setelah menerapkan tips sebelumnya dalam menggunakan tagar pada unggahan di media sosial, kamu pun perlu menganalisis setiap tagar yang digunakan.
Lihatlah mana tagar yang paling berhasil meningkatkan engagement. Lalu, pertahankan untuk menggunakan tagar tersebut pada unggahan lainnya.
Dengan menggunakan tagar yang populer atau menjadi tren tersebut, konten-konten kamu selanjutnya pun memiliki peluang besar untuk mendapatkan engagement yang besar.
Selain menganalisis tagar yang kamu buat sendiri, coba juga perhatikan tren yang ada di media sosial. Barangkali bisa menjadi peluang bagi brand kamu.
Kamu dapat menggunakan salah satu tagar populer tersebut, tetapi usahakan untuk tetap relevan dengan brand dan unggahanmu, ya!
Itu dia penjelasan mengenai fungsi tagar di Facebook dan tips menerapkannya bagi bisnis. Semoga bermanfaat!