Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanda tagar ‘#’ atau yang juga disebut dengan hashtag ini.
Biasanya, hashtag banyak digunakan pada unggahan di media sosial, termasuk Facebook. Namun, apa fungsi tagar di Facebook?
Fitur tagar pada Facebook ini memiliki berbagai keuntungan bagi bisnis. Oleh karena itu, kamu yang memiliki toko online perlu memahami dan menerapkannya dengan benar untuk meningkatkan penjualan.
Melansir laman socialbakers, tagar dapat digunakan untuk konten pribadi, unggah di grup, postingan pada halaman, grup, hingga komentar.
Maka, kamu pun juga bisa memanfaatkannya untuk berbisnis dan menggunakan media sosial Facebook. Lantas, apa saja fungsi tagar di Facebook?
7 Fungsi Tagar di Facebook antara lain :
1. Unggahan Kamu Lebih Mudah untuk Ditemukan
Salah satu fungsi tagar di Facebook adalah membuat pengguna media sosial Facebook lebih mudah dalam menemukan unggahan kamu.
Menurut WebIndustry, unggahan kamu bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dengan mengunakan tagar.
Tagar juga dapat mengkategorikan konten kamu, sehingga audiens dapat kembali lagi di lain waktu apabila mereka tertarik dengan hal yang kamu bahas.
Hal ini karena semua unggahan yang berkaitan dengan tagar tertentu dapat ditemukan di satu tempat. Jadi, tagar dapat membantu menyoroti kampanye atau unggahan tertentu yang mungkin diminati oleh audiens.
2. Membangun Citra Sebuah Brand
Fungsi tagar di Facebook selanjutnya adalah bisa membangun citra sebuah brand, sehingga dapat meningkatkan brand awareness.
Dalam hal ini, kamu perlu membuat tagar spesial yang mencirikan brand milikmu untuk menciptakan identitas di benak audiens.
Dengan menambahkan slogan tertentu yang kuat pada tagar Facebook, kamu pun bisa menimbulkan kesan yang melekat antara tagar dengan brand.
Audiens pun akan lebih mudah mengenali brand dan dapat membedakan kamu dengan pesaing di industri yang sama.
3. Kampanye di Berbagai Platform
Dengan memberikan tagar pada unggahan di Facebook, kamu pun bisa melakukan campaign lintas platform.
Misalnya, dengan menghubungkan akun bisnis Facebook kamu dengan Twitter, atau menghubungkan Instagram ke Facebook.
Nah, ketika kamu menggunakan tagar tertentu, unggahan kamu pun akan lebih mudah ditemukan di semua media sosial yang terhubung tadi.
Jadi, meski kamu hanya mengunggah konten dengan tagar tertentu di Facebook, postingan tersebut juga akan muncul di media sosial lain yang terhubung secara otomatis.
Proses campaign yang brand kamu lakukan pun menjadi lebih praktis karena kamu hanya perlu melakukan sekali aksi, sehingga lebih cepat dan efektif.
4. Mendorong Pengguna untuk Berinteraksi
Fungsi tagar di Facebook berikutnya adalah dapat mendorong audiens untuk berinteraksi di dalam unggahan kamu.
Misalnya, ketika kamu menggunakan tagar yang sedang tren atau ramai dibincangkan oleh para pengguna, audiens pun dapat dengan mudah menemukan kontenmu dan mereka bisa meninggalkan komentar di sana.
Dengan begitu, konten yang kamu unggah menciptakan interaksi. Namun, kamu harus tetap memastikan bahwa konten yang kamu buat memang relevan dengan tagar yang sedang viral tersebut.
Jangan sampai kamu terlalu memaksaan penggunaan tagar, tetapi tidak sesuai dengan konten. Meski mungkin dapat meningkatkan engagement, brand kamu bisa saja memiliki citra buruk.
5. Menambahkan Konteks pada Unggahan
Tagar juga bisa menjadi tambahan konteks pada unggahan kamu. Hal ini sangat berguna pada media sosial yang hanya menyediakan beberapa karakter tertentu dalam sebuah postingan.
Jadi, tagar dapat membantu kamu untuk mengontekstualisasikan hal apa yang sedang kamu bicarakan, tanpa menghabiskan karakter atau membuat caption terlalu panjang.
Tagar juga bisa mengelompokkan beberapa unggahan atau konten yang sama. Kamu pun hanya menggunakan 1 tagar untuk kelompok postingan tersebut.
Caption yang singkat juga akan lebih mudah dimengerti oleh audiens sehingga tulisan yang terlalu panjang cenderung tidak efektif.
6. Identitas untuk Menawarkan Promo
Tagar pada unggahan Facebook juga bisa menjadi identitas kamu untuk menawarkan promo.
Misalnya, ketika bisnis kamu sedang memberikan potongan harga atau voucher spesial, kamu bisa menggunakan tagar #DiskonJanuari. Bisa juga dengan #JanuariSpesial. Pilih saja yang paling sesuai dengan brand.
Dengan begitu, konten kamu akan lebih mudah untuk ditemukan audiens, terlebih bagi mereka yang sedang mencari info promo melalui tagar.
7. Menunjukkan Dukungan yang Relevan
Tak hanya berguna untuk bisnis kamu, tetapi tagar juga bisa bermanfaat untuk menunjukkan suatu dukungan melalui konten yang dibuat.
Misalnya, ada berita bencana yang menjadi trending di media sosial, kamu pun bisa menunjukkan bela sungkawa dengan tagar khusus.
Selain menunjukkan dukungan kepada masalah-masalah sosial yang sedang terjadi di masyarakat, brand kamu juga akan mendapatkan citra merek yang positif. Sekaligus, mendapatkan engagement besar.