Sulawesi Dagang – Market Online. Kini, Anda sudah paham mengenai unsur-unsur pemasaran. Perlu proses yang panjang untuk menjalankan keempat unsur tersebut sekaligus. Disini, kami mengajak Anda untuk berfokus pada unsur pemasaran yang keempat, yaitu promotion.
Mengapa hanya fokus dengan promosi?
Sebab, banyak pengusaha beranggapan promosi tidaklah penting dan hanya menghabiskan modal usaha.
Padahal, banyak cara promosi GRATIS yang terbukti mampu meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat dalam waktu sekejab.
Mau tahu caranya? Simak informasinya berikut.
Pernahkah Anda membandingkan berapa jumlah teman Anda di dunia nyata dengan teman-teman Anda di media sosial?
Di Facebook misalnya. Saya yakin jumlah teman Anda lebih dari 100 orang. Banyak sekali bukan? Pasti melebihi jumlah teman Anda sehari-hari di dunia nyata.
Lalu, apa hubungannya dengan promosi bisnis?
Teman-teman dunia maya inilah yang perlu Anda manfaatkan untuk promosi bisnis. Jadikan mereka audiens potensial untuk promosi produk dan jasa Anda.
Dan yang paling penting, promosi di segala macam media sosial itu GRATIS alias tidak dipungut biaya. Tentu jenis promosi ini dapat menghemat anggaran bisnis Anda.
Tapi, bagaimana dengan efek promosinya? Apakah dapat menyasar target pasar? Apakah nantinya iklan kita tidak dianggap spam oleh teman-teman media sosial kita?
Yaps, pelan-pelan dulu. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang pemasaran secara online.
1. Pengertian Marketing Online
Marketing online atau biasa disebut juga dengan internet marketing adalah kegiatan mempromosikan suatu produk menggunakan media digital. Kegiatan ini mampu menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Ciri utama dari pemasaran online yaitu menggunakan media daring atau internet. Contoh paling sederhanya yang sering kita temukan adalah iklan produk milik teman kita di media sosial Facebook, Instagram, atau Twitter.
2. Jenis-Jenis Marketing Online
Seiring bertumbuhnya tren digital, jenis-jenis marketing online pun semakin banyak. Berikut 5 diantaranya yang paling sering digunakan pebisnis sukses.
SEO (Search Engine Optimization)
Jenis marketing online yang pertama yaitu optimasi search engine. Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan posisi situs atau website perusahaan agar berada di urutan pertama pencarian.
Apakah SEO begitu penting? Tentu saja. Semakin berada di urutan atas, semakin besar pula peluang situs kita diklik oleh pengunjung. Tentu, kesempatan penjualan juga semakin besar.
Bandingkan jika website kita sulit ditemukan di pencarian. Tentu tidak ada satu orang pun yang berkunjung ke website kita dan melakukan pemesanan produk.
Salah satu strategi SEO secara murni dapat dilakukan dengan pemilihan kata kunci yang tepat untuk setiap konten website yang dibuat.
SEM (Search Engine Marketing)
Jenis online marketing selanjutnya tidak berbeda jauh dengan SEO. Strategi SEM juga ditujukan untuk meningkatkan posisi website perusahaan di mesin pencarian.
Bedanya, SEM mempromosikan suatu website dengan cara berbayar.
SEM memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords dan Yahoo Search Marketing.
Pada umumnya, pembayaran Search Engine Marketing dilakukan dengan cara pay per click maupun ketentuan berapa lama waktu.